Mobil Tenaga Surya Jepang Menang Balap Australia

091029amobil_suryaSebuah mobil bertenaga surya buatan mahasiswa Universitas Tokai Jepang pada Rabu (28/10) petang keluar sebagai pemenang balap mobil sejauh tiga ribu kilometer di pedalaman Australia. Perlombaan ini ditujukan untuk menunjukkan bahwa mobil “hijau” ramah lingkungan juga layak diperhitungkan.

Seperti diwartakan Reuters, para mahasiswa yang menamakan dirinya Tokai Challenger ini dengan mulus melintasi garis finis di sebelah utara Adelaide, Australia. Padahal, padahal sebelumnya mereka sempat mengalami masalah ban kempes.

“Kemenangan Tokai Challenger ini adalah yang pertama diraih tim asal Jepang sejak 1993, ketika acara ini dimenangkan oleh Honda Dream II,” kata organisator Global Green Challenge 2009 yang diadakan di Australia setiap dua tahun sekali.

Tokai Challenger mengawali pertandingan dengan berada di posisi keempat dari 31 mobil bertenaga surya dari 16 negara lainnya yang berangkat dari Darwin, Australia, sejak Sabtu silam. Namun mereka akhirnya berhasil melaju ke posisi paling depan di hari terakhir, melewati tim dari Universitas Michigan, AS, dan Nuna V dari Belanda. Perlombaan ini sudah diadakan dua tahun sekali sejak 1987.

Kegiatan serupa lainnya diikuti 17 mobil dari 10 pembuat mobil di dunia. Kejuaraan bertajuk “Eco Challenge” bersaing guna meraih predikat sebagai kendaraan ramah lingkungan yang bahan bakarnya paling efisien. Perlombaan ini diharapkan berakhir Sabtu esok.

Para pesaing yang ikut berpartisipasi termasuk mobil sport listrik Tesla, kendaraan yang dibuat oleh pabrikan Ford, Kia, Honda, Hyundai, BMW, Skoda, Suzuki, Holden, HSV dan skuter modifikasi Honda yang berbahan bakar alkohol. (Lputan6.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: