Nokia Kini Produksi Notebook Ringkas

Netbook dengan platform Atom tersebut sudah memiliki fitur konektivitas GSM yakni 3G/HSPA.

Setelah sekian lama beredar rumor bahwa Nokia akan terjun ke pasar netbook, produsen asal Finlandia itu akhirnya memberikan jawaban resmi.

Produsen ponsel terbesar di dunia itu akan meluncurkan laptop ringkas. Dan sebagai pemain utama di bidang seluler, tentunya mereka juga melengkapi ‘laptop mini’ mereka dengan konektivitas 3G.

“Sejumlah besar pengguna menginginkan perangkat yang memiliki kekuatan penuh seperti PC tetapi dengan mobilitas seperti ponsel. Kami ada di bisnis menghubungkan orang-orang, dan Nokia Booklet 3G merupakan evolusi yang alami bagi kami,” kata Kai Oistamo, Executive Vice President for Devices Nokia, seperti VIVAnews kutip dari situs resmi Nokia, 25 Agustus 2009. “Dengan produk ini, kami membuat PC semakin sosial, semakin membantu, dan semakin pribadi,” ucapnya.

Diluncurkan dengan nama Booklet 3G, notebook mungil dengan layar 10.1 inci tersebut menggunakan prosesor Atom keluaran Intel. Langkah ini langsung menempatkan Nokia di pasar netbook seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya. Akan tetapi, pada netbook besutan Nokia ini tersedia fitur yang tidak ada pada produsen lainnya, tetapi ada pada produk yang disediakan oleh produsen ponsel.

Sebagai contoh, pada netbook dengan casing aluminum yang tebalnya hanya 2 sentimeter tersebut tersedia HDMI-out port, lengkap dengan webcam, Bluetooth dan SD card reader. Yang unik, fitur 3G pada netbook ini mendukung HSDP dengan slot kartu SIM yang dapat dilepas serta GPS yang tersambung dengan Ovi Maps, petunjuk arah bagi ponsel Nokia.

Seputar harga dan ketersediaan, produk ini sendiri baru akan diresmikan pada 2 September mendatang bersamaan dengan ajang Nokia World yang akan diselenggarakan di Stuttgart, Jerman, 2-3 September 2009.

Setidaknya untuk kawasan Eropa, diperkirakan produk ini akan dijual dengan harga subsidi seperti layaknya penjualan produk ponsel yang dibundel dengan layanan seluler.

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: