Polisi Harus Kerjasama dengan Google untuk melacac pembuat blog

Blog yang berisi pengakuan pelaku bom bunuh di Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton pada 17 juni lalu kini menjadi topik yang sedang hangat dibicarakan. Hingga kini belum diketahui pasti apakah pemilik blog berasal dari kelompok pelaku asli aksi pengeboman.

090729bberita-nurdinpnyataanPihak kepolisian telah berjanji untuk melakukan investigasi terhadap siapa pemilik situs tersebut. Namun, menurut blogger Riyogarta Pratikto, hal itu sangat sulit dilakukan. “Susah sekali melacak siapa pemilik blog tersebut, ujar Riyogarta kepada VIVAnews, Kamis 30 Juli 2009.
 
Pasalnya, Riyo menerangkan, untuk mengetahui siapa pemilik blog, kepolisian harus bekerjasama dengan Google, yang mengelola layanan blogger yang digunakan untuk mempublikasi klaim pemboman tersebut.

Dari akun pemilik blog, akan tercatat data-data seperti alamat e-mail. Namun, kata Riyo, alamat email yang digunakan untuk kegiatan semacam ini, biasanya adalah email baru, bukan alamat email yang digunakan sehari-hari oleh si pelaku.

Alternatif lain, server Google yang digunakan untuk layanan blog tersebut, mencatat nomor Internet Protocol atau IP number yang digunakan orang tersebut saat memposting pernyataan klaim bom itu.

Namun, kata Riyo, untuk melihat rekaman nomor IP itu, juga harus disesuaikan dengan hukum negara setempat, di mana server berada. Pasalnya, server Google tersebar di berbagai negara, namun belum ada di Indonesia.

Andaikan hukum negara itu memperbolehkan Google memberikan nomor IP pelaku, kata Riyo, baru bisa ditelusuri dari lokasi mana pelaku memposting pernyataan klaim bom tersebut.

Bila pelaku posting bom berasal dari wilayah Indonesia, menurut Riyo, salah satu kemungkinannya, orang tersebut melakukannya lewat warnet. Maka, akan sulit sekali untuk menyelidiki satu dari banyak pengunjung internet, yang sengaja membuat klaim itu di situs blogger. “Sebab, di kebanyakan warnet, kan tidak tersedia kamera CCTV,” kata Riyo.

Walaupun warnet memiliki log atau rekaman aktivitas komputer-komputernya, namun sulit untuk mengetahui siapa pengguna komputer, karena pemilik warnet tak pernah mengecek KTP pengunjung. Kemungkinan lain, Riyo menjelaskan, pelaku melakukan posting menggunakan layanan internet prabayar sehingga identitasnya tak dapat dilacak.

Hingga kini, blog berisi klaim yang menggemparkan itu, sudah menarik perhatian berbagai media baik dalam maupun luar negeri. Sejak dibuat pada Juli 2009 (tak jelas tanggal berapa) hingga kini, blog tersebut telah dilihat lebih dari 27 ribu orang dan 81 pengikut.

Kebanyakan pengikut bergabung dengan situs ini sejak 29 Juli 2009, pada saat nama blog tersebut menyebar luas di berbagai media. Sementara mesin perayap Google telah mendapatkan sekitar 3090 laman yang memuat kata kunci “mediaislam-bushro.blogspot.com.”

Klaim ledakan bom itu sendiri dibuat pertama kali pada Minggu 26 Juli 2009. Postingan berjudul Media Tandzim Al Qo’idah Indonesia, berisi klaim keterangan resmi gerakan Al Qo’idah Indonesia atas aksi pengeboman di Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton. Postingan tersebut telah mengundang sekitar 1200 komentar.

Postingan itu menjadi yang pertama dan belum ada posting terbaru. Sementara pemosting yang mengaku bernama Mediaislam, belum melakukan komentar balasan apapun atas  berbagai komentar yang timbul dari klaim bom yang dibuatnya.

Dengan demikian untuk mengusut siapa di balik pemilik blog ini, kemungkinan besar polisi akan kembali menemui kesulitan yang sama  dengan saat mengusut situs penghina nabi Muhammad dan situs pengancam SBY menjelang eksekusi kawanan pelaku Bom Bali.

sumber : nasional.vivanews.com

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: