Cari tau tentang kota batam yuk.

Kota Batam adalah salah satu kota di provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kota Batam merupakan sebuah pulau yang terletak sangat strategis karena terletak di jalur pelayaran internasional. Kota ini memiliki jarak yang dekat dengan Singapura dan Malaysia. Kota Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Ketika dibangun pada tahun 1970-an awal kota ini hanya dihuni sekitar 6.000 penduduk,

dan menurut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam hingga Januari 2009 Kota Batam telah berpenduduk 919.449 jiwa dan merupakan kota terbesar dan terpadat ketiga populasinya di Sumatra setelah Medan dan Palembang.

Menurut sejarah- Pulau Batam dihuni pertama kali oleh orang melayu dengan sebutan orang selat sejak tahun 231 Masehi. Pulau yang pernah menjadi medan perjuangan Laksamana Hang Nadim dalam melawan penjajah ini digunakan oleh pemerintah pada dekade 1960-an sebagai basis logistik minyak bumi di Pulau Sambu.

800px-Gedung_Otorita%2C_BatamPada dekade 1970-an, dengan tujuan awal menjadikan Batam sebagai Singapura-nya Indonesia, maka sesuai Keputusan Presiden nomor 41 tahun 1973, Pulau Batam ditetapkan sebagai lingkungan kerja daerah industri dengan didukung oleh Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam atau lebih dikenal dengan Badan Otorita Batam (BOB) sebagai penggerak pembangunan Batam

Seiring pesatnya perkembangan Pulau Batam, pada dekade 1980-an, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 tahun 1983, wilayah kecamatan Batam yang merupakan bagian dari kabupaten Kepulauan Riau, ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya Batam yang memiliki tugas dalam menjalankan administrasi pemerintahan dan kemasyarakatan serta mendudukung pembangunan yang dilakukan Otorita Batam.

Di era Reformasi pada akhir dekade tahun 1990-an, dengan Undang-Undang nomor 53 tahun 1999, maka Kotamadya administratif Batam berubah statusnya menjadi daerah otonomi yaitu Pemerintah Kota Batam untuk menjalankan fungsi pemerintahan dan pembangunan dengan mengikutsertakan Badan Otorita Batam.

Geografis

Kota yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau ini memiliki luas 800px-Masjid_Raya%2C_Batamwilayah daratan seluas 715 km² atau sekitar 115% dari wilayah Singapura, sedangkan luas wilayah keseluruhan mencapai 1.570.35 km². Kota Batam beriklim tropis dengan suhu rata-rata 26 sampai 34 derajat celsius. Kota ini memiliki dataran yang berbukit dan berlembah. Tanahnya berupa tanah merah yang kurang subur.

Batas-batas Kota Batam:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Singapura dan Malaysia
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Daik-Lingga
  • Sebelah timur berbatasan dengan Pulau Bintan dan tanjung pinang
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten karimun

Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi Kota Batam yang lebih tinggi dibandingkan dengan 180px-BCS_Mall_di_Batamlaju pertumbuhan ekonomi nasional menjadikan wilayah ini andalan bagi pemacu pertumbuhan ekonomi secara nasional maupun bagi Provinsi Kepulauan Riau. Beragam sektor penggerak ekonomi meliputi sektor komunikasi, sektor listrik, air dan gas, sektor perbankan, sektor industri dan alih kapal, sektor perdagangan dan jasa merupakan DSCN0035nadi perekonomian kota batam yang tidak hanya merupakan konsumsi masyarakat Batam dan Indonesia tetapi juga merupakan komoditi ekspor untuk negara lain. Keberadaan kegiatan perekonomian di Kota ini juga dalam rangka meningkatkan lapangan pekerjaan dan DSCN0059kesejahteraan masyarakat. Pemerintah Kota Batam sebagai pelaksana pembangunan Kota Batam bersama-sama Dewan Perwakilan Rakyat daerah Kota Batam serta keikutsertaan Badan Otorita Batam dalam meneruskan pembangunan, memiliki komitmen dalam DSC00090memajukan pertumbuhan investasi dan ekonomi Kota Batam, hal ini dibuktikan dengan adanya nota kesepahaman ketiga instansi tersebut, yang kemudian diharapkan terciptanya pembangunan Kota Batam yang berkesinambungan. Batam, bersama dengan Bintan dan Karimun kini telah berstatus sebagai Kawasan Ekonomi Khusus(KEK). Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan investasi di Batam yang pada akhirnya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Hotel pacific

hotel pacific batam adalah hotel yang berbaentuk kapal, Mungkin satu-satunya hotel di Indonesia yang seperti kapal darat penasaran mo liat gambanya, Ni gambarnya:

1_778349725l

pasific

Dan sumua pelayan yang ada di hotel tampil layaknya kapten hingga kru dan ABK kapal, kalau masih penasaran datang aja, Tepatnya di Jl.Duyung Sei.Jodoh .

Akses ke Batam Melalui Jalur Laut  ( international)

Pelebuan ferry Batam jalur laut (internatianal) yang terletek di batam center menuju ke Singapura dan Malaysia

Ferry dari Batam-centre menuju Singapura dan Stulang Laut (Malaysia)

Akses menuju Kota Batam dapat ditempuh melalui jalur udara dan laut. Melalui jalur udara, Batam dapat dicapai melalui Bandara Internasional Hang Nadim yang melayani rute penerbangan langsung dari banyak kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Padang dll. Batam juga memiliki lima pelabuhan ferry internasional yang menghubungkannya dengan Singapura dan Malaysia: Batam center, Batu Ampar (Harbour Bay), Nongsa, Waterfront City, dan Sekupang.

 Pariwisata

Pataung dewi kwan in

kwuanim_ktm

Barelang
barelang

Jembatan Barelang yang menghubungkan pulau Batam dan pulau Rempang, serta pulau Galang

Terminal Ferry Telaga Punggur yang menghubungkan Batam dan Tanjung Pinang serta Tanjung Uban

Rumah sakit Awal Bros di Batam centre

Perahu pompong untuk transportasi jarak dekat antar pulau kecil

Kota Batam sebagai kota pariwisata, menyajikan aneka bentuk sarana wisata yaitu wisata laut dan pantai, wisata seni dan budaya, wisata belanja, wisata ekonomi dan konferensi, serta wisata kemanusiaan. Didukung oleh tersedianya fasilitas hotel dan resort dengan standar berkelas internasional serta aneka peristiwa yang disusun dalam Kalender Kegiatan Kepariwisataan Kota Batam sehingga diharapkan dapat menjamin kenyamanan dan kepuasan wisatawan domestik maupun mancanegara dalam berkunjung ke Kota Batam.

Tempat-tempat wisata di Batam:

  • Jembatan Barelang (Ikon Kota Batam)
  • Bekas kamp pengungsi Vietnam di pulau Galang
  • Pantai Nongsa
  • Pantai Melur
  • Pantai Melayu (terdapat di Pulau Galang)
  • Pantai Sekilak
  • Pantai Marina City
  • Tanjung Pinggir (terdapat patung Dewi Kwan-Im raksasa)
  • Berbagai resort berstandar internasional yang menyediakan fasilitas hotel, golf dll.

Tempat-tempat wisata Belanja:

  • Komplek Nagoya
  • Komplek Jodoh
  • Mega Mall
  • Nagoya Hill Mall
  • Batam City Square(BCS) Mall
  • Top 100 Penuin
  • Diamond City(DC) Mall
  • Lucky Plaza (Pusat penjualan HP)
  • Mymart (Pusat penjualan Komputer)
  • SP Plaza
  • Panbil Mall
  • Plaza Batamindo (terdapat di dalam Kawasan Industri Batamindo)
  • Plaza Aviari
  • Sagulung Mall
  • Dll.

Kayak nya sudah cukup udah dulu ya!

sumber :wikipedia.org

31 Tanggapan

  1. ass…
    mendengar begitu indah nya kota batam ingin rasa nya puja ke sana.keindahanya dan tempat wisata yg bnyk.ingin puja k batam tpi kyanya puja g bisa sekarang ke batam karna puja baru ank sma yg g punya penghasilan sendiri.ntar klo dah kerja ‘n punya banyak uang puja inginke batam.he..he

  2. jd pngen cpt2 brngkat k batam nii..
    insya alloh sktar 2 mingguan lg ben mo ksna..
    mdh2n dsana ben bsa dpt krj yg lbh baik..
    im comming batammmm…!!!

  3. jd pngen cpt2 k’batam..
    insya alloh 2 mngguan lg ben mo ksna.. mdh2n ben dpt krj yg lbh baik.. amiiin..

    • Beny..!!
      Kalaau mau ke batam jangan lupa oleh-olehnya yang banyak… hehehe……… and skil you yang penting, ada baiknya kamu bawa surat pindah supaya gampang kalo mau buat KTP batam,
      semoga membantu,,
      Thanks

  4. Kawasan Pusat Belanja juga bakal bertambah, akan di bangun Mall Top 100 – Batuaji. Di Kawasan ini akan ada satu-satunya Waterpark Terluas (13000 m2) Pertama DI KEPRI.

    • yup betul baget tu……..
      da sejauh mana pembangunan top 1oonya

      btw boleh kenalan ga

      • Yup kalo Top 100 yah…. seperti layaknya di tempat lain….
        di batam kaq nya ada 3 top 100 kalau gak salah…..
        Yup kalo mau kenalan wah boleh banget ni…
        Salam kenal yah!!!

  5. aq dr dlu pengen bgt ke batam..soalnya spt mereka blg batam like singapura indonesia..skrg aq udh pindah di palembang…udh dkt dg batam..sbnrx pgn bgt tggl d sna…kykx seru…cz aq hobynya belanja…he2…slm knal ya,,,

  6. iya nih aku pengen banget ngadu nasib di kota batam nich semoga ada kesempatan serta ada pekerjaan yang ngebuat aku bisa tinggal n betah hidup dikota ini,…amin doain ya plend….

  7. nice posting…

  8. gw … bangga banget jadi anak batam ….. batam itu kota yang sangat sempurna seindonesia di mata gw ..semoga aja batam tambah maju dan di kenal dunia we … love batam

  9. Aku pengen banget kerja di batam bagaimana yah?

    • Guampang datang aja ke batam Terus cari kerja,
      Nanti tinggal pilih kerja di Bintang industri yang gak kena panas bisa, Di galangan kapal juga ada. tinggal pilih aja aja deh

  10. Salam kenal yaa…Woooow…udah ngebet pengen ke Batam.Soalnya,aku ada girlfriend di sana.Mau ke sana aja,sekalian cari penghasilan lebih dr kerja yang sekarang.Btw,skrg berapa harga tiket pesawat dr Surabaya ke Batam yaaa….ada yang tau?tell me,please….

    • Salam kenal juga..!!
      Kalau mau ke batam tak tunggu Oleh-olehnya.. hehehe…!!
      CitilinkUntuk bulan februari tanggal 1.2.3 Kurang lebih 845,690.00 Untuk pemesanan Online

  11. siap2 mental aja friend,!!!!!!!!!!!!.

  12. met kenal semua. tlng siapkan mental kalian kalau mau kebatam oke………………

  13. Q mah dah pernah ke batam, indah juga seh,..
    kangen juga ke sana, meski waktu di sana pengn pulang,ikz,..
    mizz u BATAM,……………

  14. aq juga mantan dari batam.batam adalah yang penuh dengan kenangan baik pahit baik manis,batam tak akan terlupakan karna batam adalah kota yang indah.kangen juga pengen ke batam lagi.I LOVE BATAM.

  15. batam memeng surganya para kaum adam
    kan banyak kaum hawa yang lg nganggur

  16. jd pngen k batam lge ne…
    dh lma gk ksana…

  17. hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahhahahahahahahahahahahhahahammmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaappppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppp

    • wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwoooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  18. Like this batam

  19. TB.EQUATOR.32 SAMARINDA DROP UNCOR @SEKUPANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: