Robot Bisa Operasi Jantung


Operasi bypass arteri jantung membutuhkan suatu operasi dengan tingkat kehati-hatian yang tinggi. Selama ini operasi tersebut selalu ditangani secara langsung oleh para dokter langsung, apalagi operasi tersebut mengharuskan jantung untuk dihentikan untuk sementara waktu. robot_1

Namun kini para dokter spesialis bedah jantung mulai khawatir lapangan kerjanya diambil alih oleh para robot.

Pasalnya para ilmuwan di Jepang dari Waseda University telah mengubah “permainan” tersebut dengan menciptakan sebuah mesin. Mesin yang lebih cocok disebut robot tersebut diklaim mampu melakukan operasi bedah jantung dengan sangat hati-hati.

Bahkan robot tersebut melakukan pembedahan dengan menyesuaikan irama jantung untuk mengurangi resiko kegagalan.

Robot tersebut memungkinkan para dokter bedah untuk melakukan operasi pada pasiennya hanya dengan mengendalikan dan mengawasi kerja robot tersebut. Dengan penggunaan robot, operasi diyakini akan lebih steril, fleksibel, dan akurat dibandingkan tangan manusia.

Dengan menghitung gerakan dari jantung hingga akurasi per milimeter sehingga menghasilkan pergeseran instrumen yang sangat tepat, robot tersebut mampu melakukan operasi pada jantung yang berdetak sama baiknya seperti terhadap jantung yang sedang dibekukan.

Robot-robot tersebut sebetulnya telah mulai dioperasikan pembedahan jantung babi sejak tahun 2004 dengan klaim keakurasian sebesar 95 persen. Kini tinggal menunggunya menghasillkan keakurasian sebesar 98 persen untuk mulai digunakan terhadap manusia di meja operasi

Sumber: forumkami.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: