Berlian Termahal di Dunia

Kendati berukuran tak lebih dari uang logam, nilai berlian biru asal tambang berlianintan Cullinan bikin geleng-geleng kepala. Batu mulia langka 7,03 karat itu ditaksir dengan harga USD 5,8 juta (sekitar Rp 62,7 miliar) hingga USD 8,5 juta (sekitar Rp 92 miliar). Hingga besok, berlian tersebut dipamerkan di Rumah Lelang Sotheby, Mayfair, London.

Mengutip keterangan Gemological Institute of America (GIA), BBC menyatakan bahwa nilai berlian yang ditemukan tahun lalu itu sempurna, terutama dalam kategori clarity (kejernihan), satu di antara empat standar penilaian yang berpatokan pada kemampuan berpendar berlian. Selain clarity, para pakar biasanya menilai berlian berdasar carat (karat), color (warna), dan cut (potongan).

 “Sungguh temuan unik,” ujar Cathy Malins dari Petra Diamond, perusahaan yang menambang berlian biru tersebut. Berlian biru itu, papar dia, merupakan bagian dari intan seberat 26,58 karat yang ditambang di Cullinan, Afrika Selatan. Tambang yang dikelola perusahaan asal Pulau Jersey itu menghasilkan 2-3 juta ton batu mulia per tahun. Tapi, dalam masa tersebut mereka belum tentu bisa menemukan satu atau dua intan biru.

 Rencananya, berlian biru langka itu dilelang di Jenewa pada 12 Mei mendatang. Jika harga lelangnya mencapai taksiran tertinggi, USD 8,5 juta (sekitar Rp 92 miliar), Rumah Lelang Sotheby akan kembali mencatatkan rekor penjualan berlian tertinggi. Mei tahun lalu, mereka berhasil menjual berlian 3,73 karat seharga USD 5 juta (sekitar Rp 54 miliar).

Sumber: rileks.com

Satu Tanggapan

  1. OMG so wonderful absolute fantastic super awesome that’s all I can say!…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: